Home / Kesehatan Anak / Apa yang Harus Dilakukan Ketika Balita Mengalami Kegemukan?

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Balita Mengalami Kegemukan?

balita-kegemukan

Kebanyakan orang akan merasa gemas ketika melihat balita yang bertubuh gendut. Hal itulah yang menyebabkan banyak orang tua membiarkan balitanya tumbuh sehat dengan berat badan yang terus bertambah tiap harinya. Namun tanpa disadari balita akan mengalami kelebihan berat badan yang tentunya bukan hal lucu dan menggemaskan lagi.

Sebaiknya Anda segera mengkonsultasikan langsung kepada dokter anak. Dokter akan lebih tahu bagaimana cara menghitung berat badan bayi yang ideal dan memutuskan bahwa anak Anda mengalami obesitas atau tidak.

Apabila dokter mengatakan bahwa si kecil mengalami kegemukan, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kembali berat badan si kecil. Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam menurunkan berat badan buah hati adalah membuat si kecil berolahraga dan mengatur asupan makanan yang masuk dalam tubuhnya setiap hari.

Mari kita bahas satu persatu tindakan yang harus Anda lakukan sebagai orang tua jika buah hati Anda mengalami obesitas.

Dalam menurunkan berat badan si kecil dapat dilakukan dengan membuat ia berolahraga. Pastikan si kecil bergerak aktif selama 30 menit setiap harinya. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuatnya bergerak, misalnya dengan mengajak bermain petak umpet atau bermain di luar ruangan sehingga ruang geraknya lebih luas dan si kecil lebih banyak bergerak.

Jangan memberikan gadget pada buah hati Anda atau batasi menonton TV. Kegiatan bermain gadget justru akan membuat dia malas bergerak karena terlalu asyik dengan gadgetnya. Sebaiknya Anda memberikan batas waktu untuk menonton TV dan bermain gadget maksimal 2-3jam sehari. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah memberikan waktu tidur yang cukup bagi buah hati Anda.

Cara selanjutnya adalah dengan mengatur pola makannya. Hal yang paling mudah adalah dengan mengurangi camilannya. Apabila ia meminta camilan, coba ganti camilannya dengan memberikan buah-buahan yang disukai. Asupan susu formula juga harus dibatasi, balita hanya membutuhkan 350-500 ml saja.

Sebagai orang tua Anda harus selalu mengawasi setiap pertumbuhan si buah hati, jangan sampai anak Anda mengalami masalah kegemukan yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Semoga tips yang sudah kami bagikan bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *