Home / Kesehatan Anak / Apakah Penting Cek Gula Darah pada Bayi ?

Apakah Penting Cek Gula Darah pada Bayi ?

test-gula-darah-pada-bayi

Selama ini kita melakukan test kadar gula dalam darah hanya pada orang dewasa saja. Tetapi seringkali para orang tua kurang memperhatikan pentingnya gula darah pada bayi yang baru lahir. Gula darah yang rendah ataupun terlalu tinggi dapat membahayakan tubuh karena glukosa yang terkandung dalam darah penting untuk sirkulasi darah.

Pengertian Gula Darah

Salah satu sumber energi penting bagi bayi adalah glukosa. Glukosa dalam darah bayi yang sehat akan membantunya untuk tumbuh berkembang dan melakukan aktivitas normal. Namun jika gula darah bayi rendah dalam jangka waktu yang cukup lama akan menyebabkan kerusakan otak.

Dari Mana Gula Darah Bayi Berasal?

Dalam kandungan, bayi mendapatkan glukosa dari ibu melalui plasenta dan tali pusat. Glukosa digunakan sewaktu-waktu sebagai energi dan tersimpan dengan baik sebelum persiapan bayi dilahirkan. Bayi yang baru lahir menggunakan stok ini sebagai pertahanan tubuhnya selama beberapa hari setelah dilahirkan hingga ia mendapatkan asupan makanan dari luar, misalnya ASI. ASI merupakan sumber utama gula bagi bayi. Laktosa dalam ASI mengubah glukosa dalam tubuh bayi sebagai sumber energinya.

Apakah Bayi Memerlukan Tes Gula Darah?

Beberapa bayi perlu mendapatkan tes gula darah di beberapa jam pertama setelah kelahiran, umumnya dilakukan pada 2 jam pertama. Berikut ini beberapa kondisi bayi yang harus dilakukan test gula darah :

  1. Bayi yang lahir prematur
  2. Bayi yang lahir dengan ibu menderita diabetes
  3. Bayi yang lahir dengan ukuran tubuh di bawah atau di atas rata-rata
  4. Bayi dengan kondisi medis yang menyebabkan gula darahnya rendah

Seperti Apa Ukuran Gula Darah Bayi Yang Normal?

Gula darah diukur dengan skala ‘millimoles’ per liter (mmol/L). Bayi dengan usia kelahiran 1-2 jam, umumnya memiliki gula darah di bawah 2 mmol/L, tetapi akan meningkat pada angka 3 mmol/L dan lebih pada usia 2 atau 3 hari.

Secara alami, tubuh bayi dapat mengatur gula darahnya sendiri. Tetapi jika Anda mendapati hal yang ganjil dengan kondisi tubuh bayi Anda, segera konsultasikan ke dokter sebelum 24 jam. Semoga informasi tentang test kadar gula darah pada bayi ini dapat membantu Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *