Home / Tips Diet / Bahaya Perut Buncit Untuk Kesehatan

Bahaya Perut Buncit Untuk Kesehatan

Perut buncit atau obesitas sentral disebabkan oleh penumpukan lemak pada bagian perut. Lemak di bagian perut ada dua macam, yaitu lemak subkutan dan lemak viseral. Lemak subkutan adalah lemak yang berada di bawah kulit. Lemak ini dapat dicubit dan terlihat. Sedangkan lemak viseral berada di sekitar organ dalam tubuh sehingga tidak terlihat. Lemak viseral inilah yang sering dihubungkan dengan kondisi obesitas di perut. Selain sangat berbahaya karena dapat meningkatkan risiko penyakit lain, lemak viseral sangat sulit untuk dihilangkan.

Penyebab perut buncit?

Perut buncit timbul karena asupan makanan yang melebihi energi yang diperlukan untuk aktifitas fisik. Apabila Anda makan terlalu banyak dan kurang berolahraga, Anda akan mengalami penumpukan lemak pada tubuh, termasuk lemak di perut.

Riwayat obesitas dalam keluarga, kebiasaan merokok, dan stres yang tinggi juga berpengaruh terhadap timbulnya perut buncit. Usia tua dan ketidakseimbangan hormon pada wanita menopause juga mempermudah timbulnya perut buncit. Selain itu, bentuk tubuh yang seperti ‘apel’ cenderung menyimpan lemak di sekitar perut dibandingkan bentuk tubuh seperti ‘pir’.

Bahaya yang Ditimbulkan oleh Penimbunan Lemak Perut

Bagi Anda yang memiliki perut buncit karena kebanyakan lemak, sebaiknya waspada. Pasalnya ada sejumlah risiko yang bisa mengganggu kesehatan.

akibat-perut-buncit

Lemak viseral adalah tipe lemak yang paling berbahaya. Kumpulan lemak viseral di dalam tubuh bisa mengeluarkan senyawa peradangan dan hormon yang dapat mengganggu metabolisme tubuh.

Senyawa-senyawa peradangan disebut juga sitokin. Senyawa ini dapat menyebabkan peradangan ringan dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Senyawa lain yang dikeluarkan oleh lemak viseral adalah asam lemak bebas. Senyawa ini akan masuk ke dalam hati dan kemudian memicu berbagai perubahan, antara lain peningkatan produksi kolesterol buruk dan penurunan produksi kolesterol baik. Itulah mengapa perut buncit dapat meningkatkan risiko penyakit kolesterol tinggi. Selain itu, asam lemak bebas juga menyebabkan insulin menjadi kurang efektif dalam mengontrol gula darah, meningkatkan risiko diabetes.

Selain itu, lemak pada perut buncit juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, dan serangan jantung. Hal ini karena lemak pada perut buncit dapat memicu perubahan hormon yang mengontrol penyempitan pembuluh darah atau yang disebut dengan angiotensin.

Nah, setelah membaca artikel diatas apakah Anda masih ingin membiarkan kondisi perut Anda yang terus membuncit ?

Ada sebagian orang yang beranggapan “tidak masalah perut buncit asalkan tubuh sehat”. Noo! Itu semua anggapan yang sangat salah, justru perut yang buncit itulah yang akan menjadi sumber dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Ingin mengecilkan perut Anda yang buncit ?

Klik gambar dibawah ini

fiforlif-boyke

Check Also

cara-menurunkan-berat-badan

6 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Semua orang pasti menginginkan punya tubuh yang ideal. Tubuh yang ideal tersebut akan membantu Anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *