Home / Kanker Payudara / Cara Mudah Deteksi Kanker Payudara

Cara Mudah Deteksi Kanker Payudara

deteksi-dini-kanker-payudara

Kanker merupakan suatu penyakit yang paling mematikan, salah satu jenis kanker yang menyerang wanita adalah kanker payudara. Penyakit kanker merupakan penyakit yang sulit untuk dideteksi keberadaannya. Itu sebabnya seseorang nampak sehat dan bugar justru beresiko mengalami kanker payudara, atau jenis kanker lainnya.

Payudara merupakan bagian tubuh wanita yang rentan terhadap resiko kanker. Anda diharuskan untuk memulai mendeteksi sejak dini keberadaan kanker ini. Sebenarnya mendeteksi kanker payudara bisa dilakukan sejak dini, berikut ini Jiwasehat akan menjelaskan bagaimana caranya untuk mendeteksi kanker payudara pada tubuh Anda.

Benjolan

Dari sebuah penelitian menyebutkan bahwa salah satu gejala kanker payudara yang pertama kami terlihat adalah adanya benjolan pada tubuh. Jika Anda ingin mengetahui ada atau tidaknya kanker cobalah untuk meraba payudara Anda.

Ketika dirasakan ada benjolan atau hal aneh pada payudara segera Anda periksakan ke dokter untuk memastikan apa yang sebenarnya terjadi pada payudara Anda

Baca Juga :

Nyeri Pada Payudara

Salah satu gejala yang paling sering dialami adalah munculnya rasa nyeri. Kanker payudara biasa ditandai dengan adanya rasa nyeri hebat di sekitar payudara, di lengan bagian atas dan juga bagian punggung.

Rasa nyeri tersebut tidak terjadi setiap hari, namun Anda tidak boleh menyepelekan hal ini. Pastikan Anda segera melakukan pemeriksaan apabila merasakan nyeri yang hebat pada bagian payudara.

Warna Payudara

Warna pada payudara yang normal adalah sama dengan warna kulit. Tetapi ketika seseorang beresiko terkena kanker payudara warna payudara akan berbeda. Payudara akan berwarna gelap di sekitar puting, selain itu kulit payudara akan memerah bahkan meruam terlihat seperti kulit jeruk.

Anda bisa mengamati warna kulit pada payudara, coba Anda berdiri di depan kaca dan perhatikan warna kulit payudara Anda. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah keadaan puting, puting yang masuk kedalam bisa menjadi tanda Anda beriko terkena kanker payudara.

Mencari Riwayat Kesehatan Keluarga

Kanker merupakan penyakit yang dengan mudah diturunkan kepada seseorang yang masih ada hubungan darah. Ketika Anda memiliki keluarga yang mengidap penyakit kanker payudara, pastikan segera melakukan pemeriksaan pada tubuh Anda. Apabla dalam pemeriksaan tersebut menemukan kejanggalan jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter.

Mendeteksi keberadaan kanker payudara selain dilakukan dengan cara diatas, juga bisa dilakukan dengan tes darah, tes bedah (biospi), USG, imaging test, dan MRI yang bisa dilakukan di rumah sakit.

Itulah beberapa cara mendeteksi ada atau tidaknya kanker payudara didalam tubuh. Dari penjelasan tersebut diharapkan Anda lebih mewaspadai dan dapat melakukan pemeriksaan dini terhadap kesehatan payudara Anda. Usahakan pemeriksaan dilakukan sedini mungkin, sehingga segala kemungkinan bisa segera mendapat penanganan medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *