Home / Kesehatan Badan / Dampak Buruk Tubuh Yang Kekurangan Serat

Dampak Buruk Tubuh Yang Kekurangan Serat

dampak-tubuh-kekurangan-serat

Pasti sudah banyak yang tahu bahwa serat sangat dibutuhkan oleh tubuh. Serat berfungsi menjaga kesehatan pencernaan, mampu mengikat lemak, menurunkan kadar kolesterol, dan masih banyak lagi manfaat serat.

Para ahli menyarankan agar tubuh mendapat asupan serat yang cukup. Dengan begitu proses pencernaan akan bekerja secara maksimal. Kebutuhan asupan serat tubuh dapat diperoleh dari sayur-sayuran dan buah-buahan yang mudah didapatkan.

Apa dampak jika tubuh kekurangan serat ?

Jika asupan serat yang masuk kedalam tubuh Anda kurang tercukupi, tubuh akan merespon dengan melemahnya fungsi organ tubuh. Dampak kekurangan serat yang paling utama dirasakan adalah terganggunya sistem pencernaan.

Sembelit atau susah buang air besar adalah dampak utama jika tubuh Anda kurang asupan serat. Dan jika masalah sembelit ini tidak segera diatasi akan muncul gangguan kesehatan lain yang lebih serius. Ambeien atau wasir, radang usus, bahkan kanker usus bisa terjadi pada seseorang yang kekurangan asupan serat.

Selanjutnya adalah kadar gula darah menjadi tidak setabil. Perlu Anda ketahui bahwa munculnya penyakit diabetes diakibatkan karena tubuh kekurangan serat. Oleh sebab itu Anda harus memenuhi kebutuhan serat harian tubuh setiap hari.

Gangguan kesehatan lain yang muncul akibat tubuh kekurangan asupan serat adalah obesitas atau kegemukan, kolesterol, darah tinggi, kencing manis.

Demikian uraian singkat mengenai dampak buruk tubuh yang kekurangan serat. Kandungan serat bisa kita peroleh dengan mudah, semua ada diskitar kita. Silahkan penuhi kebutuhan serat harian Anda, agar tubuh sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *