Home / Ejakulasi Dini / Faktor Penyebab Ejakulasi Dini

Faktor Penyebab Ejakulasi Dini

faktor-penyebab-ejakulasi-dini

Ejakulasi dini adalah gangguan seksual yang dialami oleh kaum pria. Gangguan seksual ini ditandai dengan proses ejakulasi (keluarnya sperma) yang terlalu cepat. penyebab ejakulasi dini sampai saat ini belum dapat dipastikan dengan jelas karena kondis dari masing-masing pria berbeda-beda.

Namun yang pasti adalah penis akan segera loyo sesaat setelah mengalami ejakulasi sehingga tidak bisa untuk melanjutkan hubungan seksual. Hal inilah yang menyebabkan kekecewaan pada pria maupun pihak istri.

Dari sebuah penelitian setidaknya ada beberapa hal yang mempengaruhi seorang pria mengalami ejakulasi terlampau cepat. Tapi pada umumnya penyebab ini dapat digolongkan menjadi dua faktor utama  yaitu faktor fisik dan faktor psikis. supaya lebih jelas mari kita ulas satu per satu.

1. Faktor Penyebab Ejakulasi Dini Secara Fisik

seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ejakulasi dini adalah masalah seksual yang terjadi pada pria, yaitu ketidakmampuan menahan desakan ejakulasi pada saat menerima stimulasi atau rangsangan seksual. rendahnya daya tahan ini berkaitan dengan melemahnya saraf parasimpatis dan menonjolnya fungsi simpatis tubuh.

Ada beberapa hal bersifat fisik yang dapat menyebabkan terjadinya ejakulasi dini pada pria. Antara lain adalah gangguan pada saraf, perubahan kelenjar prostat, atau karena penyakit diabetes. berikut ini faktor fisik yang dapat menyebabkan ejakulasi dini.

Berkurangnya Produksi Serotonin

Serotonin adalah zat yang dihasilkan oleh otak yang berfungsi untuk mengatur proses ejakulasi. ketika produksi serotonin ini menurun maka akan menyebabkan ejakulasi yang terlalu cepat.

Gangguan Sistem Saraf

Gangguan saraf pada area genital bisa menyebabkan seorang pria mengalami ejakulasi dini. Sisten saraf pada alat kelamin berhubungan dengan kepekaan dalam menanggapi rangsangan. Pada saat penis terlalu responsif menanggapi stimulasi seksual, maka yang terjadi adalah pria akan lebih cepat mengalami ejakulasi.

2. Faktor Penyebab Ejakulasi Dini Secara Psikis

Selain secara fisik, penyebab ejakulasi secara psikis juga berperan dalam terjadinya ejakulasi dini. Misalnya pasangan wanita sedang sakit, stres akibat tekanan pekerjaan, kelelahan, kurangnya pengalaman dalam melakukan hubungan seks, atau perasaan takut gagal dan fantasiseks yang berlebihan. Berikut ini beberapa penyebab ejakulasi dini non fisik yang perlu Anda ketahui.

Rangsangan Seksual Yang Berlebihan

Rangsangan seksual yang berlebihan dapat menjadi pemicu utama terjadinya ejakulasi dini. Hal ini biasanya dialami oleh pasangan muda yang baru pertama kali melakukan hubungan seksual. Gairah muda yang pada umumnya meledak ketika pertama kali berhubungan mengakibatkan rangsangan yang diterima lebih sering. Hal inilah yang dapat menyebabkan terjadinya ejakulasi dini.

Namun seiring bertambahnya pengalaman maka akan semakin matang dalam menjalani kehidupan seksual sehingga dapat mengontrol rangsangan dan melakukan hubungan seks lebih lama dari sebelum-sebelumnya.

Faktor Psikologis dan Kejiwaan

Pikiran yang sedang cemas, stres yang berlebihan, dan gelisah yang dibawa ke atas ranjang akan menyebabkan pria tidak bisa fokus saat melakukan hubungan seks. Pikiran lain diluar kegiatan seksual yang masih dipikirkan ketika masih melakukan hubungan seks akan menyebabkan pria ingin cepat menyelesaikan kegiatan seksualnya. Akibatnya, pria tersebut ingin segera mencapai orgasme tanpa memikirkan pasangan dan kenikmatan seksual.

Seks yang dilakukan dengan terburu-buru dan seks yang tidak menyenangkan akan merespon otak untuk mempercepat terjadinya ejakulasi. Sehingga faktor psikologis seperti ini dapat disebut sebagai penyebab ejakulasi dini.

itu tadi dua penyebab terjadinya ejakulasi dini pada pria yang harus Anda ketahui. Untuk penyembuhan total gangguan ejakulasi dini sebaiknya melibatkan kedua belah pihak. Komunikasi adalah jalan terbaik dalam mencari solusi untuk menyembuhkan penyakit ejakulasi dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *